Bahasa indonesia

TUGAS  BAHASA INDONESIA
KELAS PELAIHARI
Dosen Pembimbing: Sri Normuliati, M. Pd
Oleh
MULIYADI
13862042569

Contoh kalimat majemuk setara:
1. Aksai makan nasi sedangkan hasan minum susu.
2. Saya pergi ke kantor sedangkan dia pulang kerumah.
Contoh kalimat majemuk rapatan:
1. Pada hari itu saya makan nasi, buah, sayuran dan makanan penutup.
2. Dalam hidup terkadang susah, senang, sedih dan bahagia.
Contoh kalimat majemuk bertingkat:
1. Saya telah bekerja diperusahan ini sejak dia masih belum menjadi atasan saya.
2. Ketika kamu masih kecil, kamu sering aku gendong.
Contoh kalimat majemuk campuran:
1. Kemarin adalah hari ulang tahunku waktu itu banyak temanku yang datang dan banyak pula yang bukan temanku tapi teman saudaraku.
2. Budi mengatakan hal yang benar dan  anton mengatakan sebaliknya maka ini akan menjadi membingungkan.
Contoh kalimat menurut bentuk gayanya yang melepas:
1. Persoalan hidup hendaknya disikapi dengan bijak dan sabar.
2. Manusia adalah makhluk yang dapat berinteraksi dengan manusia lainnya.
Contoh kalimat menurut bentuk gayanya yang berklimaks:
1. Karena dia adalah artis ibukota, orang tentu saja mengenalnya.
2. Meskipun hujan turun, saya akan datang menjemput kamu.
Contoh kalimat menurut bentuk gayanya yang berimbang:
1. Lalu lintas dijalan Ahmad yani nampaknya mul;ai macet, pengendarapun mulai mencari jalan alternative, dan banyak mobil yang terjebak kemacetan.
2. Ujian akhir sudah dekat, siswa mulai mempersiapkan diri,sekolah pun juga mulai sibuk berbenah, dan pemerintah juga telah mengucurkan dana.
Contoh kalimat menurut fungsinya (introgatif):
1. Kapan diperingatinya hari kemerdekaan kita ?
2. Siapakah nama presiden RI saat ini ?
Contoh kalimat menurut fungsinya(inperatif):
1. Maukah kamu menjadi pendamping hidup saya?
2. Pergilah kamu ke pasar.
Contoh kalimat menurut fungsinya (deklaratif):
1. Bupati Tala mengunjugi desa gunung raja.
2. Saya tidak pernah melakukan perbuatan tersebut.
Contoh kalimat menurut fungsinya (seruan):
1. Mari kita mengerjakan shalat.
2. Ayo kita berbuat baik.
Contoh paragraf dengan teknik pengembangan paragraf:
1. Alamiah.
Pagi hari sebelum berangkat kerja kami sekeluarga sarapan pagi dan pada siang harinya baru kami makan siangnya dikantor saja. Setelah beraktipitas seharian barulah kami pulang kerumah. Anak kamipun telah dijemput dari sekolah.Dirumah itulah biasanya kami baru bisa berkumpul lagi. Sembari menunggu makan malam saya dan anak-anak bermain sambil nonton Televisi.
2. Klimaks dan Anti Klimaks.
Pasar pelaihari banyak pedagang yang datang. Sebagian dari mereka adalah pedagang pakaian dan sebagian lagi adalah pedagang buah dan sayuran. Buah semangka lebih banyak jumlahnya yang dibawa oleh para pedagang buah. Pedagang buah ini datang dari desa sebelah selatan kota pelaihari. Adapun baju batik serta celana jean para pedagangnya banyak datang dari kota Banjarmasin.
3. Perbandingan dan Pertentangan.
Tingkat pemahaman murid TK terhadap penyerapan suatu pembelajaran sangat jauh berbeda. Kemampuan penyerapannya lebih rendah bahkan lebih tinggi dari murid SD, SMP, SLTA bahkan Perguruan Tinggi. Kemampuan ini disebabkan tingkat IQ dari masing-masing anak adalah berbeda. Anak yang mempunyai IQ lebih tinggi akan mempunyai penyerapan yang lebih baik sedangkan anak yang mempunyai IQ rendah tentu lah sebaliknya. Pendapat ini telah dikemukakan para ahli beberapa tahun yang lalu.
4. Contoh-contoh.
Pasar pelaihari banyak menjual buah-buahan, seperti Semangka, Durian, Mangga, Manggis, Jeruk dan lain-lain. Tidak itu saja disana juga banyak terdapat pedagang asongan seperti Minuman, Makanan ringan, Jajanan dan lain-lain. Pembeli yang datang adalah dari berbagai desa seperti dari desa Ambungan, Gunung raja, Pulau sari dan bahkan dari luar kota Pelaihari. Diantara mereka ada yang hanya sekedar jalan-jalan adapula yang benar berbelanja untuk keperluan sehari-hari. Kehadiran mereka membawa banyak keuntungan bagi para pedagang tersebut.
5. Definisi luas
Televisi adalah sebuah  media   telekomunikasi  terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Televisi merupakan gabungan dari kata tele (jauh) dari  bahasa Yunani  dan visio (penglihatan) dari  bahasa Latin , sehingga televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan. Penggunaan kata "Televisi" sendiri juga dapat merujuk kepada " kotak televisi ", " acara televisi ", ataupun " transmisi televisi ". Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan  roda , karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal sering disebut dengan TV.
6. Teknik Klasifiksi.
Peralatan untuk jenis transportasi secara umum memiliki tiga jenis. Transportasi yang digunakan untuk jalur darat disebut transportasi darat. Pesawat terbang menggunakan jalur udara maka disebut transportasi udara. Perahu digunakan dengan menggunakan jalur laut/ air, maka biasanya disebut transportasi laut/air. Dengan demikian untuk pengelompokan jenis transportasi dapat dilihat dari segi penggunaan jalur yang dailalui.
7. Sebab akibat.
Belajar dengan tekun merupakan salah satu usaha untuk pintar. Orang pintar adalah bagian orang sukses. Sukses merupakan impian setiap orang. Tidak akan bisa sukses kalau hanya dengan bermalas-malasan. Maka kesimpulannya jika ingin sukses harus belajar dengan tekun.
Contoh paragraf dengan teknik pemaparan.
1. Deskripsi.
Kota pelaihari merupakan salah satu dari 13 kabupaten/kota yang ada di Kalimantan selatan. Julukan untuk kota ini adalah pelaihari berseri. Banyak objek wisata yang dapat anda kunjugi yang terdapat dikota ini. Objek wisata tersebut, diantaranya mina tirta, taman kijang kencana, taman lapangan golf, dan tersedia pula kolam renang. Selain itu didukung dengan pasilitas yang lengkap serta penduduknya yang ramah dan bersahabat.
2. Eksposisi.
Hujan lebat yang terjadi selama beberapa hari di tanah laut menyebabkan puluhan rumah terendam air. Kedalaman air mencapai 50 cm dan dibeberapa wilayah kedalamannya mencapai 1 m lebih. Warga yang rumahnya terendam air saat ini dievakuasi oleh pemerintah setempat dengan menggunakan perahu karet. Tidak ada korban jiwa pada kejadian ini. Menurut keterangan untuk menampung para korban telah didirikan tempat penampungan yang dilengkapi dapur umum.
3. Narasi.
Sejak pukul 08.00 pagi hari saya berangkat menuju ketempat kerja. Diperjalanan saya bertemu dengan seorang kakek  yang umurnya kurang lebih 56 th. Kakek tersebut membawa pikulan yang berisi beban yang cukup berat. Melihat hal tersebut akhirnya saya memutuskan untuk berhenti dan menanyakan kepadanya apa yang dia bawa. Setelah berbincang beberapa saat ternyata beliau adalah tetangga kampung saya di gunung raja.
4. Argumentasi.
Perindah rumah anda dengan dekorasi yang tepat. Taburan dekorasi dengan nuansa alam akan menjadi sensasi tersendiri untuk suasana ruang depan rumah anda. Hanya dengan biaya yang cukup terjangkau kami akan wujudkan kenyamanan tersebut. Selera anda adalah selera kami juga. Ayoo…buruan persedian terbatas.









Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

Featured Post

Tak perlu berdebat silahkan pake cara masing-masing

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes