Early Warning System DBD



Meningkatnya kasus demam berdarah untuk 2016 ini adalah merupakan permasalahan yang terjadi di berbagai daerah secara nasional, termasuk juga di Kab. Tala. Penyebabnya diantaranya adalah perubahan musim panas ke musim hujan (pancaroba), oleh sebab itu penting sekali untuk selalu waspada.
Data terakhir dari dinas kesehatan Tala pada Januari sampai dengan Februari 2016 untuk penderita positif terkena DBD di Kab. Tala, saat ini mencapai 117 penderita dan yang dinyatakan  suspek mencapai 77 penderita sedangkan yang meninggal dunia ada 3 orang.
Menyikapi kondisi tersebut dinas kesehatan Kab. Tala telah melakukan berbagai upaya diantaranya membuat sebuah system peringatan dini yang disebut Early Warning System yang bertujuan untuk memperingatkan masyarakat agar mengetahui lebih awal tentang terjadinya kasus ini dan lebih waspada. Upaya tersebut adalah dengan meningkatkan sosialisasi baik secara langsung ataupun melalui media informasi seperti radio dan lain-lain.
Pengendalian penyakit DBD yang terjadi saat ini akan lebih efektif dengan adanya gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk. Menggunakan cara penyemprotan asap (Foging Focus) hanya akan membunuh nyamuk dewasa saja, bahkan membahayakan bagi manusia karena asap yang disemprotkan tersebut mengandung racun. Apabila sarang nyamuk masih terdapat pada tempat tersebut dimana jentiknya masih berkembang biak maka nyamuk dewasa akan kembali muncul.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tala H. Junaidi bahwa untuk melakukan Foging Focus di suatu area harus lah terlebih dahulu dilakukan penelitian dan pengambilan keputusan dari Tim Kesehatan yang ditugaskan, apakah daerah tersebut memang wilayah yang dikategorikan area endemic. Karena ada protab atau aturan tertentu yang harus terpenuhi, meskipun demikian merutnya kalau ada di suatu wilayah perlu dilakukan pengasapan maka kami akan melaksanakannya, meskipun belum ada keputusan dari Tim, karena hal itu diperbolehkan namun ada kemungkinan tidak efektif. Lebih lanjut beliau menghimbau bahwa yang terpenting adalah menjaga kebersihan lingkungan dengan cara melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk dan 3 M plus.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

Featured Post

Tak perlu berdebat silahkan pake cara masing-masing

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes