FENOMENA GATAL(GERHANA MATAHARI TOTAL) INDONESIA


    Gerhana matahari Total yang terjadi pada Rabu 9 Maret 2016 ini terjadi di Samudra Hindia dan berakhir di Lautan Pasifik dekat dengan Hawaii AS. Indonesia merupakan satu-satunya negara yang dapat menikmati gerhana Matahari Total di wilayah daratan. Berbagai wisatawan dari beberapa Negara berdatangan ke Indonesia terutama para peneliti. Mereka datang khusus untuk menyaksikan fenomena langka ini.
 
    Di Indonesia gerhana matahari Total akan melintasi 12 provinsi; mulai dari Sumatera Barat (Pulau Pagai Selatan), Sumatra Selatan (Palembang), Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung (Tanjung Pandan), Kalimantan Tengah ( Palangkaraya ), Kalimantan Timur (Balikpapan), Kalimantan Barat , Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah (Palu, Poso, Luwu), Maluku Utara (Ternate dan Maba). Tetapi jalur totalitas gerhana tidak melalui semua kota di provinsi.

    Di Kab. Tanah Laut Provinsi Kalsel hampir semua warga nya beramai ramai keluar rumah bahkan ada yang dengan sengaja berangkat pagi-pagi sekali ketempat terbuka dan bahkan ketempat tempat wisata, karena memang tanggal 9 maret ini adalah hari libur nasional. Bukan hanya warga yang memiliki pengetahuan tentang gerhana matahari bahkan anak anak sampai dengan orang tua  berbondong bondong keluar rumahnya menyaksikan fenomena ini dengan menggunakan peralatan seadanya, ada yang menggunakan kaca mata hitam biasa sampai dengan berlapis 3, adapula yang menggunakan kacamata las dan bahkan kaca rebenpun bisa diguankan untuk melihat gerhana matahari total ini dengan jelas. Bahkan saat ini muncul istilah baru untuk penyebutan Gerhana Matahari Total ini yaitu fenomena GATAL Indonesia. 
 Pemantauan Gerhana Matahari membutuhkan kondisi cuaca yang cerah dan lokasi dengan jangkauan pandangan yang luas, tanpa terhalang gedung yang tinggi dan pepohonan yang lebat. Yang paling cocok adalah di lapangan terbuka dan juga di tepi pantai. Sedang dikabupaten Tanah Laut kondisi cuacanya sangat cerah sehingga warga dapat menyaksikannya dengan jelas. Sementara di wilayah ini terjadinya Gerhana Matahari Total dimulai pada pukul 07.25 WITA sedangkan puncaknya pada pukul 9.00 WITA dan berakhir kurang lebih 2 menit kemudian.
    Gerhana Matahari Total sudah beberapa kali terjadi di wilayah Indonesia selama sebelum 2016, yaitu 24 Oktober 1995, 18 Maret 1988, 22 November 1984, dan 11 Juni 1983. Gerhana Matahari Total akan kembali terjadi di Indonesia pada 20 April 2042 dan 12 September 2053. Tetapi wilayah Indonesia akan dilintasi oleh Gerhana Matahari Cincin dan Total secara bersamaan pada 20 April 2023 dan 25 November 2049 insya Allah.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Featured Post

Jadi orangtua yang jujur jika ingin dipercaya

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes