Jangan Bingung Saudara Menyebalkan Ternyata Ada Manfaatnya

  Rebutan mainan dan mempermasalahkan hal sepele adalah sesuatu yang biasa dilakukan untuk sepasang adik kakak yang masih anak-anak. Orang tua terkadang dibuat pusing oleh tingkah laku mereka, namun demikian menurut studi oleh peneliti dari Amerika Serikat bahwa dibalik hal tersebut tersimpan manfaat positif tak terduga.

     Spesialis anak dari Universitas of Michigan, dr julie Lumeng, selaku salah satu peneliti mengatakan anak yang mempunyai saudara untuk bertengkar bisa jadi lebih sehat dibandingkan dengan anak yang tunggal alasan nya karena mereka lebih aktif. Hal ini ia katakan setelah membandingkan data dari 679 kelahiran anak dan menemukan anak tunggal lebih mungkin tiga kali lipat alami obesitas pada umur sekitar 3-4 tahun.


     Studi yang telah dipublikasikan dijurnal pediatrics ini menunjukkan faktor gaya hidup keluarga mungkin menjadi alasan mengapa obesitas jadi lebih besar pada anak tunggal. "Sangat mungkin bahwa ketika ada adik dalam keluarga, anak bisa lebih aktif. Sebagai contoh sering lari-larian bercanda bersama saudaranya" kata lumeng seperti dikutip dari Reuters, Minggu(13/3/2016).

"Mungkin juga keluarga jadi lebih sering jalan-jalan ketaman bila ada adik dalam anggota keluarga, atau anak jadi lebih jarang berdiam diri menonton TV karena adik yang aktif mengajak bercanda,"lanjutnya. Selain itu menurut studi sebelumnya keluarga lebih dari satu anak bisa jadi juga lebih tak ketat mengontrol jadwal makan.

   Satu fenomena yang biasa dialami oleh keluarga dengan anak tunggal adalah orang tua rajin memberi makan anak sehingga resiko terjadinya obesitas semakin tinggi.

"Saat ada anak baru masuk dalam keluarga, orang tua bisa lebih longgar dengan perilaku makan anak yang lebih tua sehingga dia bisa mengatur sehingga dia bisa mengatur jadwal makannya sendiri sesuai keinginannya. Kemampuan untuk mengatur diri ini dapatmenyebabkan penambahan berat yang sehat pada anak dengan saudara dibandingkan dengan anak tunggal," ujar peneliti anak Jerica Berge dari Universitas of Minnesota ketika mengomentari studi tersebut.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Featured Post

Jadi orangtua yang jujur jika ingin dipercaya

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes