Jangan Ditiru, Lamar Kerjaan, Palsukan Dokumen


   AL warga jalan Durian Rt 4 Rw 1 Desa Asam-Asam Kecamatan Jorong mengaku hanya iseng untuk membuat SIM, KTP, Ijasah dan SKCP palsu, karena saat itu ia hendak melamar pekerjaan. AL yang merupakan mantan karyawan di salah satu perusahaan tambang batu bara, juga kini membuka usaha ponsel dan foto copy, namun karena desakan ekonomi ia lantas ingin melamar pekerjaan kembali di salah satu perusahaan tambang batu bara, namun caranya yang salah, yakni memalsukan dokumen berupa SIM, KTP, SKCK bahkan sampai ijasah, bahkan tidak saja hanya untuk kebutuhan AL, bagi teman-temannya juga ia palsukan dokumen.

Dengan peralatan yang di milikinya seperti alat pres laminating, laptop, printer warna, alatt pemotong kertas, sejumlah SIM palsu yang semula SIM C di rubah menjadi SIM BII umum.
Imbalan yang di terima AL dalam pembuatan SIM BII umum palsu sebesar Rp 300 ribu, selanjutnya pemohon SIM hanya tinggal di foto dengan kamera ponsel, kemudian dilakukan editing gambar ke dalam laptop, dan di dalam laptop sendiri sudah terdapat format SIM BII.
Kejelian AL dalam mengedit nyaris tidak dapat di bedakan antara SIM yang aslinya. AL hanya tinggal merubah masa berlaku, yang di sesuaikan dengan tanggal lahir pemohon, baru setelah semuanya selesai di edit SIM palsu tersebut di print dan di laminating.
Keahlian AL ini sudah berlangsung selama 2 tahun, dan sudah kurang lebih 100 orang yang hanya berada di kawasan Desa Asam-Asam yang telah di buatkan SIM palsu oleh AL, bahkan kabarnya sampai ke wilayah Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu.
Kapolres Tanah Laut AKBP Rizal Irawan di damping Kasat Reskrim AKP Ade Papa Rihi,SH,SIK dalam keterangan persnya Selasa (8/3) kemarin mengatakan, AL yang di jemput anggota reskrim pada hari Jum’at (4/3) pekan tadi di rumahnya, dan kepada AL di jerat pasal 263 KUHP tentang memalsukan surat-surat atau dokumen, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara, dan AL merupakan pelaku tunggal yang tidak memiliki sindikat di daerah lain, ungkapnya.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

Featured Post

Tak perlu berdebat silahkan pake cara masing-masing

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes