Pupuk Kodim Didukung Dispertanbun



Kodim 1009 Pelaihari, kini telah bisa memproduksi pupuk cair sendiri, dan sudah sebanyak ratusan botol pupuk cair produksi Kodim ini telah di sitribusikan ke sejumlah kelompok tani. Atas adanya produk pupuk cair ini, Dinas Pertanian dan Perkebunan Tala mendukung penuh.
Komandan Kodim 1009 Pelaihari Letkol Inf Hasto Respatyo, Senin (4/1) kemarin di Makodim Pelaihari mengatakan, produk pupuk ini adalah pupuk organik, yang di formulasikan dan di permantasikan di Kodim, dan di masukan bakterium serta laktobasilus. Bakterium sendiri berfungsi untuk meningkatkan fungsi mikro dan makro tanah, sehingga ketika pupuk ini di tebarkan, maka akan lebih melipat gandakan fungsinya, adanya kandungan laktobasilus di dalam pupuk organik ini dapat berfungsi untuk membantu pembusukkan tanah, sehingga nutrisi tanaman dapat tersedia di tanah, ujarnya.

“maksud kami dengan memberikan pupuk organik ini ke kelompok tani, di harapkan sharing, sehingga petani kedepan akan dapat membuat sendiri pupuk organik, sehingga petani pun bisa mandiri, kami juga membuka peluang untuk sharing ilmu,” jelas Dandim.
Sementara itu, Mahyudin dari kelompok tani Jaka Suma Desa Telaga Kecamatan Pelaihari merasa bersyukur atas bantuan pupuk organik ini, dengan begitu petani bisa menurunkan ketergantungan dari pupuk kimia, dalam artian pupuk organik ini bisa mengatasi atau mengurangi biaya produksi, dan di kelompok tani sendiri telah menggunakan pupuk organik ini ke tanaman padi, namun ada juga yang menggunakannya ke tanaman lain seperti kelapa sawit, karet serta tanaman palawija lainnya, ungkapnya.
Pupuk produksi Kodim 1009 Pelaihari ini di harapkan akan dapat memacu peningkatan produksi petani, dan dapat menunjang program dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan berupa program percepatan tanam.
Belum lama tadi, Dinas Pertanian dan Kodim 1009 Pelaihari melakukan moniroting terhadap tanaman jagung di Kecamatan Batu Ampar. Monitoring dilakukan untuk melihat hasil yang di capai dalam masa percepatan tanam, dan hasilnya cukup membanggakan, karena tanaman dapat tumbuh subur dan secara fisik normal.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Featured Post

Jadi orangtua yang jujur jika ingin dipercaya

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes