Siti Nurbaya Akan Datang di Kayangan

   Sesuai dengan yang telah di rencanakan jika tidak ada perubahan, Menteri Lingkungan Hidup (LH) Siti Nurbaya akan datang ke Kabupaten Tanah Laut pada hari Selasa (29/3) besok dalam kegiatan berskala nasional, yakni simulasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yang akan di pusatkan di kawasan wisata gunung Kayangan Pelaihari. Kegiatan berskala nasional itu, tidak semata hanya di hadiri dari Kementerian Lingkungan Hidup, namun 6 kepala operasional (Kaops) dari Mabes Polri, Panglima TNI AD, Danrem, Gubernur Kalsel, para Dandim se Kalsel, dan para bupati di Kalsel serta lintas sektor lainnya yang berhubungan dengan kebakaran hutan maupun lahan, akan datang di Kabupaten Tanah Laut.

Sebelum pelaksanaan hari H yang di jadwalkan Selasa, personil yang terlibat dalam simulasi ini mencapai 500 orang, yang terdiri dari anggota Polri, TNI, Sipil, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut dan provinsi Kalsel, serta melibatkan pelajar dan mahasiswa.
Secara rutin, di bawah komando Dandim 1009 Pelaihari Letkol Hasto Respatyo selaku ketua tim penanggulangan Karhutla Tala dan Kapolres Tala AKPB Rizal Irawan terus melakukan gladi selama lebih dari 10 kali di lokasi gunung Kayangan.
Bahkan dalam masa gladi tersebut, pejabat dari Polda Kalsel turun melakukan pemantauan dan memberikan arahan, serta memberi saran apa-apa yang di rasa kurang dalam setiap adegan per adegan yang di antaranya mencakup antisipasi api kecil, api sedang serta api besar yang membakar kawasan perkebunan kelapa sawit.
Lokasi simulasi Karhutla sendiri sangat stategis, yakni bersebelahan dengan perkebunan kelapa sawit milik PTPN 13, sehingga selama simulasi tersebut kawasan kebun kelapa sawit ikut menjadi sasaran api akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab dalam terjadinya kebakaran hutan, seperti membuang punting rokok yang masih menyala secara sembarangan.
Sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, bahwa di tahun 2016 ini tidak ada lagi yang namanya kebarakan hutan maupun lahan, untuk itulah langkah-langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dilakukan lewat simulasi secara nasional ini.
Sementara dalam masa kegiatan berlangsung, jalur lalulintas di kawasan gunung Kayangan oleh satuan Polisi lalulintas Polres Tala melakukan rekayasa penutupan jalur. Dimana bagi pengguna jalan raya dari arah kota Banjarmasin dan sebaliknya di arahkan di satu arah pada jalur yang lama, serta di minta kepada kendaraan yang membawa angkutan alat berat untuk tidak melintasi lokasi kegiatan dari pukul 07.30 wita sampai pukul 17.00 wita, karena di khawatirkan akan membuat macet arus.
Kasatlantas Polres Tala AKP Reinhard M mengatakan, rekayasa jalur ini di lakukan untuk sekiranya dapat di pahami oleh pengguna jalan, di samping itu selama kegiatan berlangsung untuk tetap berhati-hati saat melintasi satu jalur yang cukup panjang, terangnya.
Sementara itu, menurut kepala Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Tala M Noor Sabtu (26/3) kemarin di konfirmasi mengatakan, untuk kekuatan dari BPBD berikut dengan armda Damkar di kerahkan sekitar 4 unit dari 5 unit yang ada, karena 1 unitnya di siagakan di kantor, jelasnya.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

Featured Post

Tak perlu berdebat silahkan pake cara masing-masing

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes