3 Truk Muatan Pasir Emas Karungan Ilegal

Unit jatanras Polres Tanah Laut mengamankan 3 unit truk yang berisi karung pasir emas sebanyak puluhan buah. Karungan pasir emas yang tanpa di lengkapi dokumen ini berasal dari lokasi perkebunan karet milik PT.Brigestone di Desa Tebing Siring Kecamatan Bajuin.
Tersangka dalam hal ini Abidin bin Endin warga pendatang asal Jawa yang menetap di wilayah Kecamatan Tamban Ulang, awalnya melakukan pertambangan emas secara manual dengan menggunakan peralatan linggis, cangkul, palu, ember, betel serta karung serta tali, namun lantaran penambangan emas ini mulai terlihat hasilnya, maka tersangka mencoba melakukan penambangan dengan cara yang lebih besar lagi yakni menggunakan armada truk.
Tersangka di tangkap pada hari Selasa (15/3) lalu sekitar pukul 18.00 wita oleh unit II Tipiter Polres Tala saat sedang dalam perjalanan menuju Desa Tambang Ulang, dan iring-iringan truknya di gelandang ke Polres Tanah Laut.
Tiga buah truk masing-masing DA 1055 LB yang berisi pasri emas dalam krung sebanyak 69 buah, 1 truk DA 1057 LC yang berisi pasir emas dalam karung sebanyak 91 buah, dan 1 truk DA 1059 LA yang berisikan pasir emas dalam karung sebanyak 57 buah dan masing-masing STNK di amankan sebagai barang bukti dari kegiatan penambangan illegal emas.
Kasat reskrim Polres Tala AKP Ade Papa Rihi dalam keterangan persnya menyebutkan, dari aktivitas penambangan emas illegal tanpa di lengkapi Ijin Usaha Pertaambangan (IUP) atau IUPK ini, tersangka di jerat pasal 158 undang-undang RI nomor 4 tahun 2009 tentaang Minerba, dan di ancam 10 tahun penjara serta denda sebesar Rp 10 millliar rupiah.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Featured Post

Jadi orangtua yang jujur jika ingin dipercaya

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes