Agenda Tahunan Nasional Lomba Desa Kembali Hadir


 Kegiatan lomba desa yang dilaksanakan di kab. Tanah Laut dan dikoordinir oleh BPMPD kab. Tanah laut, pada senin 11 April 2016 untuk pertama kalinya di selenggarakan di desa Ujung kec. Bati-bati. Pada acara tersebut berhadir Wakil bupati Tanah Laut H Sukamta, Camat Bati-bati, Tim Penilai dari BPMPD Tala, Para kepala Desa dan para undangan lainnya. Acara Lomba Desa ini sebenarnya merupakan agenda Nasional yang setiap tahun dilaksanakan, sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan kelurahan.
Dimana dalam aturan tersebut ditegaskan bahwa perlombaaan desa dan kelurahan bertujuan untuk  mengevaluasi dan menilai sejauh mana perkembangan pembangunan suatu desa dan kelurahan atas usaha bersama pemerintah desa dan kelurahan dengan masyarakatnya dalam membangun dirinya untuk mewujudkan kemandirian yang bertumpu pada potensi yang dimilikinya dan didukung oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya.
Adapun objek penilaian pada lomba desa ini pada intinya hanya ada dua macam yaitu penilaian evaluasi perkembangan desa dan penilaian perlombaan Desa, selain ada beberapa penilaian lainya, hal tersebut disampaikan oleh BPMPD yang diwakili oleh kepala Bidang Kelembagaan Drs Riduan. Sementara itu di awal acara kepala desa Ujung Yanto, menyampaikan harapannya kepada pemerintah agar dengan adanya lomba desa ini, desanya dapat lebih diberikan perhatian terutama pembinaan, karena ia mengakui bahwa desanya masih banyak kekurangan dari apa yang diharapkan pemerintah kab. Tanah laut. Selain itu ia juga melaporkan sejarah dan perkembangan Desa Ujung hingga Th 2016 ini.
Sementara itu Wakil Bupati Tanah laut H. Sukamta dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan lomba desa ini merupakan upaya kita untuk mengevaluasi desa, perkembangan desa, pelayanan terhadap masyarakat termasuk upaya menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya nenek moyang kita dalam melaksanakan dan memelihara pembangunan. Selain itu ia juga berpesan agar lebih memperhatikan warganya terutama mereka yang hidup dibawah garis kemiskinan agar didata untuk ditindak lanjuti.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Featured Post

Jadi orangtua yang jujur jika ingin dipercaya

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes