Gelaran Teknologi Tepat Guna Di Tanah Laut



Teknologi Tepat Guana adalah sebuah teknologi yang ditemukan atau diciptakan dengan tujuan untuk semakin meningkatkan atau membuat pekerjaan manusia semakin lancar. Hal ini kemudian bisa meningkatkan nilai ekonomi juga. Teknologi tersebut tidak hanya asal dibuat namun dibuat dengan tepat sesuai dengan kebutuhan manusia. Sehubungan dengan hal itu di Kab. Tanah Laut di gelar lomba Kreasi dan Inovasi TTG ( Teknologi Tepat Guna) Th 2016, yang merupakan agenda tahunan Pemkab Tala melalui salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh BPMD Tala pada  Rabu 13 April 2016 kemarin di GOR Berseri Pelaihari.
  Adapun tujuannya adalah untuk lebih memperkenalkan kepada masyarakat teknologi terbaru dan tepat guna. Terlebih peralatan yang ditampilkan pada ajang lomba TTG ini lebih di fokuskan pada pemanfaatan untuk pengolahan lahan dan hasil-hasil pertanian khususnya pasca panen, hal tersebut dijelaskan oleh Kepala BPMPD Tala Drs Khairul Rizal MSi ketika memberikan laporan panitia pada gelar pembukaan Lomba TTG tingkat kabupaten Tanah Laut. 
  Disampaikan pula bahwa peserta lomba TTG yang mengikuti kegiatan ini adalah dari tiga unsur yaitu Masyarakat, Pemerintah dan Swasta termasuk perguruan tinggi dan SMK. Adapun jenis TTG yang mengikuti yaitu:
1.   Romantic Lamp (Lampu Pengusir Nyamuk Multiguna)
2.   I-Gitec (Alat Pengasapan Ikan berbasis smoke control system)
3.   Alat Pemipil Jagung
4.   Mesin Pemarut Kelapa Serba Guna
5.   Alat Perontok Padi Portable
6.   Prototype Alat Pegukur Kelembaban Tanah ( soil muisture meter) sebai monitoring jarak jauh  pertanian dan perkebunan
7.   Mikroba Ompalina SP/deogone
8.   Pembangkit Listrik Sederhana Model”kittriklus”
9.   Respileter”Molika” (Model Limbah Kayu) sebagai alt prektikum biologi
10. Prototype System pengukur Kelembaban, Temperatur dan Intensitas Cahaya pada rumah kaca pertanian dengan perekam data realtime berbasis personal computer
11. Alat Pemipil Jagung Muda
12. Mesin Peniris Minyak/Spinner Manual
13. Alat Pencacah Sampah Organik
  Berhadir pada acara pembukaan tersebut Bupati Tanah Laut yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Kaspul Hadi, Kepala BPMPD, Para Camat Kab Tala, para pejabat, Dirut perusahaan Swasta dan para tamu undangan lainnya.
Sementara itu Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Kaspul Hadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan akan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususya para petani dalam mengolah lahan dan hasil pertaniannya agar lebih bisa bersaing di era sekarang ini yang lebih menuntut kwalitas lebih baik sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mereka.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

Featured Post

Tak perlu berdebat silahkan pake cara masing-masing

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes