Hadapi Kemarau, Lumbung Beras Cukup



Kendati saat sekarang masih dalam musim penghujan, namun kewaspadaan untuk ketersediaan pangan tetap di perhitungkan ketika nanti memasuki musim kemarau. Kepala Kantor Ketahanan Pangan Tanah Laut M.Yusran,S.sos Selasa (4/5) kemarin kepada Barito Post mengatakan, ketersediaan pangan seperti beras di lumbung pangan yang berada di Desa Brambam Kecamatan Pelaihari ketika musim paceklik atau kemarau di pastikan cukup, karena ketersediaan gabah sebanyak 150 ton gabah, beras 18,5 ton dan termasuk stok cadangan pangan dari Pemerintah sebanyak 3,5 ton beras dan 15 ton gabah.
Yusran menambahkan, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel juga turut mensuport dalam pengisian gabah, dimana belum lama tadi kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel Hj.Siti Rahmi Fatmawati melakukan kunjungan dan melihat secara langsung keberadaan lumbung-lumbung pangan di Desa Beramban.
“tahun ini bahkan di suntik dana sebesar Rp 20 juta per lumbung yang di harapkan di kelola secara bergulir oleh kelompok-kelompok pengelola lumbung, di samping ada 8 buah lumbung untuk pembelian gabah,” jelas mantan Kabag Humas ini.
Di Kabupaten Tanah Laut sendiri sebanyak 36 buah lumbung (1 desa 1 lumbung) plus 1 lumbung cadangan.
Sementara 8 buah lumbung yang di kelola kelompok dan tahun ini  mendapat bantuan untuk pembelian gabah bantuan dari Badan Ketahanan Pangan provinsi Kalsel ke Tanah Laut yakni kelompok Lestari Makmur di Desa Lok Serapang Kecamatan Pelaihari, Sidodadi Desa Takisung, Sumber Makmur Desa Bajuin, Sekawan Desa Sungai Bakar, Gapura Desa Maluka Baulin, AlungDesaTambakKarya, BungaMekarDesaSarikandi, dan Makmur Desa Bumi Makmur.
Tidak saja hanya itu, melalui kemitraan dengan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Tanaman Pangan Tanah Laut di bantu pula mesin penggiling padi kepada kelompok tani Desa Bramban sebanyak 1 unit, tutup Yusran.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

Featured Post

Tak perlu berdebat silahkan pake cara masing-masing

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes