Mathilda Batlayeri Diusulkan Jadi Pahlawan

Pemerintah Kabupaten Maluku  Tenggara Barat (MTB) menggelar seminar sehari Pengusulan Pahlawan Nasional Mathilda Batlayeri di gedung Balairung, Rabu (30/3 kemarin.
Kegiatan seminar yang di hadiri rombongan dari Kabupaten MTB ini di pimpin dr Edwin Tomasoa selaku Asisten 3 Sekretariat Daerah Kabupaten MTB.
Seminar yang di buka oleh bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah turut pula di hadiri pejabat di lingkup Pemkab Tala dan Forkopimda.
Dalam sambutannya bupati Bambang menyampaikan perasaan terharu dan bangga, melihat perjuangan Mathilda Batlayeri.
"Tantangan bagi bangsa kita besar karena banyak pihak lain yang ingin memecah belah, semoga kegiatan ini bisa memaknai persatuan bangsa kita. Ini tidak berlebihan mengusulkan pahlawan kepada Mathilda Batlayeri, memgingat perjuangannya sebagai seorang perempuan dan ibu yang berjuang sambil menggendong anak," ujar bupati.
Sementara itu sebelum di langsungkan seminar rombongan Kabupaten MTB melakukan upacara adat napak tilas di Kecamatan Kurau tepatnya di Monumen Bhayangkari Teladan Mathilda Batlayeri. Ketua Tim Pengusulan Pahlawan Nasional Mathilda Batlayeri berharap seminar ini bisa membuka wawasan, dan menjadi referensi kelayakan Mathilda Batlayeri menjadi pahlawan nasional. Pasalnya pada saat itu sebenarnya Mathilda Batlayeri mempunyai pilihan untuk menyelamatkan diri bersama anak dan janin yang di kandungnya, tapi malah mengangkat senjata dan melawan gerombolan pemberontak Ibnu Hajar pada tahun 1953.
"Seminar ini menjadi salah satu syarat untuk menjadi pahlawan nasional. Jika nanti dari hasil ini ada yang di rasa kurang, kami akan terus mencoba memenuhi syaratnya. Termasuk untuk membuat buku biografi Mathilda," ujar Edwin Tomasoa.
Nara sumber dalam kegiatan ini, Kepala Pusat Sejarah Polri Brigjen Pol drs Suprodjo, WS, Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI dan Mohammad Iskandar yang menyampaikan tentang Peristiwa Lokal dalam Makna Nasional Kasus Mathilda Batlayeri. Kegiatan ini juga di hadiri langsung oleh Bupati MTB, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD MTB, perwakilan dari Polda MTB.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Featured Post

Jadi orangtua yang jujur jika ingin dipercaya

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes