Pemkab Maluku Kunjungi Monumen Matilda

Dalam rangka menapak tilasi perjuangan putri terbaik Maluku Tenggara Bhayangkari Matilda Batlayeri yang gugur di Kurau Kabupaten Tanah Laut, Tokoh adat beserta rombongan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara mengunjungi langsung monumen pahlawan yang juga merupakan tempat kejadian era penjajahan dulu.
Rombongan di sambut oleh Camat Kurau Ferhad Naziullah, kepala Desa Kurau, dan tokoh masyarakat, tokoh adat Desa Kurau dengan iringan Seniman Hadrah, Selasa (29/3) kemarin.
Dari sejarahnya, Matilda sendiri adalah sosok perempuan Bhayangkari yang wafat ketika mempertahankan pos polisi saat di serang oleh gerombolan, dan atas perjuangannya tersebut Matilda menjadi tokoh Bhayangkari teladan dan menjadi ruhnya Bhayangkari.
Menurut Dr. Edwin Tomasua selaku asisten administrasi umum selaku pimpinan rombongan, kedatangan mereka ke Kurau dalam rangka meninjau langsung tempat kejadian dan menggali informasi dari masyarakat dan saksi sejarah di sekitar lokasi tugu Matilda, serta dapat merasakan langsung bagaimana kondisi perjuangan Matilda di Kurau.
Mereka juga datang bersama Tim peneliti, pengkajian pahlawan daerah yang terdiri dari sejarawan, akademisi UI, dan kepolisian RI.
Tim peneliti dan pengkajian pahlawan daerah, juga mengunjungi rumah saksi hidup Nenek Norsiah 80 tahun yang menyaksikan kejadian, penyerangan dan aksi heroik Matilda.
Setelah kunjungan ke Kurau, rombongan menuju makam pahlawan Tuntung Pandang Pelaihari, dan Rabu (30/3) bertempat di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari dilaksanakan seminar Nasional pengusulan pahlawan Nasional Matilda yang akan di hadiri oleh sejarawan, akademisi universitas Pattimura,UI dan Mabes Polri.
Kegiatan ini di ikuti oleh Ketua DPRD Maluku Tenggara Barat S. Loblobi, S.Sos Staf ahli bupati, asisten administrasi umum, Edwin Tomasoa, dan kepala SKPD Maluku Tenggara Barat yang di dampingi oleh kadis nakertransos Rafiki Efendi, beserta Protokol dan Humas Pemkab Tanah Laut.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

Featured Post

Tak perlu berdebat silahkan pake cara masing-masing

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes