Bangkitkan Semangat Dengan Mengenang Pejuang


Wakil Bupati Tanah Laut
H. Sukamta menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke 67 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan dan Hari Kebangkitan Nasional. Bertempat di halaman Kantor Bupati Tanah Laut pada Jumat, 20 Mei 2016 kemarin. Upacara Peringatan  HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan dan Hari Kebangkitan Nasional tersebut diikuti oleh Para Kepala SKPD, unsur TNI/POLRI, para PNS dilingkup Pemkab Tala, perwakilan para Veteran serta tamu undangan lainnya .
Sementara itu H. Sukamta yang membacakan butir-butir penting sambutan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dalam rangka Peringatan HUT ke 67 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara Alri Divisi IV Pertahanan Kalimantan mengatakan bahwa peristiwa ini merupakan sebuah peristiwa bersejarah yang dilakukan oleh para pendahulu kita selaku pejuang kemerdekaan. Hal ini merupakan pernyataan sikap dengan tekad dan semangat yang kuat untuk memaklumatkan Kalimantan Selatan sebagai bagian dari Republik Indonesia.
Dengan adanya proklamasi ini, rakyat Kalimantan Selatan telah menyatakan kesetiaan sejati terhadap Republik Indonesia serta siap berjuang untuk merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia sampai titik darah penghabisan. Semangat dan tekad para pendahulu inilah yang seharusnya dapat kita teladani. Karena sikap dan tekad yang kuat sangat relevan diterapkan dalam masa apapun, baik masa sekarang maupun masa akan datang.


Sebagai bagian dari sejarah perjuangan bangsa, peristiwa ini harus terus kita kenang dan pelajari agar generasi penerus dapat terus mengenal serta mengetahui perjuangan dan sikap para pendahulunya, terutama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam konteks masa pembangunan saat ini, nilai-nilai perjuangan dari peristiwa proklamasi ini tetaplah sangat relevan. Karena itu peringatan kali ini mengangkat tema “Dengan Semangat Hut Ke-67 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Kita Wujudkan Kalimantan Selatan Yang Mandiri dan Terdepan”.
Usai menyampaikan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan, Wakil bupati Tanah laut H. Sukamta juga membacakan sambutan Hari Kebangkitan Nasional ke 108 yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 20 Mei yaitu hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908. Hari bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan, yaitu melalui konsep perjuangan intelektual yang ditanamkan oleh Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dr Sutomo.
Dengan konsep ini, terbentuk organisasi yang membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa, yang kemudian dilanjutkan oleh para pejuang lain, sehingga lahirlah bangsa besar dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita kenal sekarang ini. Perjalan bangsa Indonesia dalam sejarahnya telah menemui banyak dinamika dan sarat pengalaman demi terwujudnya bangsa Indonesia yang bermartabat dan berkarakter. Di masa pemerintahan Jokowi-JK seperti sekarang ini pun, kita dituntut untuk bekerja nyata dan menjadi bangsa yang berkarakter melalui program revolusi mental yang diharapkan akan mengubah cara pandang, pikiran, sikap dan perilaku setiap orang untuk berorientasi pada kemajuan, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa di dunia.
Setelah 108 tahun berlalu, langkah-langkah kebangkitan bangsa Indonesia terus maju, hidup, dan berkembang, seiring dengan globalisasi yang ditandai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang informasi, komunikasi dan transportasi. Karena itulah penyelenggaraan hari kebangkitan tahun ini, mengangkat tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional Dengan Mewujudkan Indonesia Yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter”. Melalui tema ini diharapkan pemaknaan kebangkitan nasional dapat difokuskan pada perwujudan kerja nyata pembangunan manusia yang berkarakter, yang juga merupakan visi Pemerintah Kota Banjarbaru. Dan harus diingat, bila ingin kuat dan langgeng, maka bangsa ini harus ditata berdasarkan hukumnya sendiri dan berdiri diatas  kepribadian nasionalnya sendiri, yaitu semangat Bhinneka Tunggal Ika, semangat Pancasila, dan rasa senasib dan sebangsa.
Sementara itu LPPL Radio Tuntung Pandang FM 102.3 MHz, tepat satu hari sebelum upacara peringatan HUT ke 67 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan dan Hari Kebangkitan Nasional yaitu pada Kamis, 19 Mei 2016 melakukan Acara Talk Show dengan mengundang Kominfo dari Dinas Pehubungan, Organisasi KNPI, dan Ketua Legiun Veteran Tanah laut, untuk meminta informasi dan tanggapan mereka terhadap perkembangan pemuda serta masyarakat dalam hal semangat juang untuk membangun Tanah Laut.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

Featured Post

Tak perlu berdebat silahkan pake cara masing-masing

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes