Bebaskan Petani dan Nelayan Tanahlaut dari Tengkulak



Bupati Tanahlaut (Tala) H Bambang Alamsyah resmi melantik dan mengukuhkan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Tala, di Gedung Sarantang Saruntung, Senin (22/8/2016). Bupati mengukuhkan 41 Anggota Kepengurusan KTNA untuk masa bakti 2016—2021, yang dipimpin Muhammad Amin Isnin selaku Ketua KTNA baru. Pelantikan dan pengukuhan yang dilakukan bupati didampingi Pengurus KTNA Provinsi Kalsel Drs Muharram.

Dalam kesempatan ini bupati menyebut KTNA sebagai mitra pemerintah berkewajiban menjadikan petani dan nelayan maju. Mengingat pemerintah sangat serius untuk mendukung bidang kelautan, perikanan, perkebunan dan pertanian. “KTNA jangan hanya dijadikan untuk tempat berkumpul, KTNA sebagai organisasi profesi modern yang bisa berpikiran maju,” ujar bupati.
Bupati juga mengajak untuk bisa membuat petani di Kabupaten Tala menjadi petani yang bebas dari para tengkulak. “Ayo kita duduk satu meja untuk sama-sama memikirkan jalan keluar terbaik. Saya sangat percaya dengan petani, tapi ada ada kebiasaan-kebiasaan yang harus dirubah sehingga kita bisa berani untuk berpikiran modern,” tegasnya.
Ketua Pengurus KTNA Provinsi Kalsel, Muharram menegaskan jika fungsi utama dari KTNA adalah mitra pemerintah yang mejembatani kepentingan pusat dan daerah. KTNA bukan LSM. Fungsi lainnya adalah menjebatani kepentingan petani dan nelayan yang dilayani. “Pasang telingan lebar-lebar untuk dengarkan keluhan petani dan nelayan yang dilayani,” pesannya.
Kepengurusan KTNA Kabupaten Tala menangani 10 bidang, antara lain bidang tanaman pangan, holtikultura, kehutanan dan perkebunan, perikanan dan kelautan. Kegiatan ini ditutup dengan sarasehan Kelompok KTNA dengan kepala dinas terkait di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tala.

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Featured Post

Jadi orangtua yang jujur jika ingin dipercaya

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes