Hewan Qurban Harus Benar-benar Sehat



Dokter Kesehatan Hewan ( Keswan) akan memastikan kesehatan hewan ternak yang akan disembelih dan sesudah disembelih. Itu dikatakan Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet pada Dinas Peternakan Kabupaten Tanahlaut, Muhammad Taufik kepada BPost Online, Sabtu (10/9/2016).

Ditanya berapa jumlah panitia ibadah kurban yang proaktif melaporkan kegiatan mereka untuk pemeriksaan kesehatan hewan kurbannya? Pria yang akrab disapa Taufik ini mengaku belum mengetahui secara persis jumlahnya kegiatan pembagian hewan kurban se Tanahlaut. Ia hanya mengetahui hanya sebagian yang memberitahukan kepada pihaknya untuk pengecekan hewan kurbannya seperti panitia ibadah kurban di Masjid Almanar, di Mapolres Tanahlaut dan di halaman Kemenag Tanahlaut. Meski tidak memiliki data valid, Taufik memastikan lima dokter hewan di Dinas Peternakan Kabupaten Tanahlaut akan menyisir aktivitas pelaksanaan ibadah kurban di Kota Pelaihari dan sekitarnya. "Untuk di Kecamatan Batuampar, Takisung dan Panyipatan sudah ditangani rekan dokter hewan setempat. Kita hanya punya pos keswan di tiga kecamatan. Untuk kecamatan lainnya dibantu rekan di dinas," katanya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tanahlaut, Suharyo mengimbau agar hewan ternak yang dijadikan hewan kurban dipastikan kesehatannya, tidak cacat dan usia hewan kurban. "Kesehatan hewan kurban itu tak hanya sehat saat disembelih juga sehat saat dikonsumsi."

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Featured Post

Jadi orangtua yang jujur jika ingin dipercaya

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes