Jelang Lebaran Disnak Tala Pastikan Kesehatan Hewan



Dinas Peternakan Kabupaten Tanah laut memastikan kesehatan hewan ternak untuk dipotong saat pelaksanaan ibadah kurban. Itu ditegaskan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tanah laut, Menurut Suharyo untuk menyikapi tingginya permintaan hewan sapi di UPT Pasar Hewan Sarang halang. "Saya sudah tugaskan lima dokter kesehatan hewan untuk turun ke pengepul hewan ternak khusus ibadah kurban di lima kecamatan,"Selasa (6/9/2016).

Menurutnya, jumlah hewan ternak untuk konsumsi maupun untuk pelaksanaan ibadah kurban di Kabupaten Tanah laut disiapkan sekitar 3000 hingga 4000 ekor. "Khusus di Pasar Hewan Sarang halang, Setiap hari Senin terjual 500 ekor. Transaksi dan harga jual turun dibanding tahun lalu antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta perekornya," lebih lanjut Suharyo mengimbau agar masyarakat cerdas memilih hewan kurban. Pastikan kesehatan hewan kurbannya, tidak cacat, usia hewannya layak disembelih serta memiliki legalitas.
H Syafie, warga Desa Tamban, Kabupaten Barito Kuala, mengaku setiap pekannya, selalu berkendara ke Kabupaten Tanah laut untuk membeli sapi di Pasar Hewan Pelaihari. "Sebenarnya di Tamban ada juga jual sapi. Saya memilih beli di Pelaihari ini karena ada dokter kesehatan hewannya. Harga jual juga miring. Lumayan."
Syafie, mengaku hari itu ada permintaan hewan untuk akiqah dan sebagian lagi dipelihara agar beranak pinak. Ridwan, warga Pelaihari mengaku hampir dua tahun berbisnis jual beli sapi di Pasar Hewan Pelaihari. Ia menuturkan "Setiap kali pasar hewan. Saya membawa tujuh ekor sapi, pasti laku lima ekor."

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

Featured Post

Tak perlu berdebat silahkan pake cara masing-masing

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes