Akibat diam melihat keburukan



Dikisahkan sijulak punya 2 orang anak yg sedang merantau menuntut ilmu, 2 orang anak laki -laki kembar bernama Bauntung dan Batuah. Mereka sekolah di sebuah sekolah berasrama. Anak-anak bisa dikunjungi setiap awal bulan. Ditahun pertama setiap kunjungan Bauntung Batuah bercerita tentang kawan-kawan yang suka kabur keluar ke warnet main game online, ada lagi yang suka merokok dan mempaving. Setiap kali mendengar cerita dari anak-anak , julak alai bertanya" kalian tidak ikut - ikutan dengan perilaku buruk mereka kan?"
"Tidak umma" jawab Bauntung baiman.
Sebenarnya ketika mendengar tentang perilaku buruk teman-teman Bauntung dan Batuah, julak sempat ingin menceritakan kepada guru disekolah tetapi julak urungkan niatnya karena merasa tidak enak hati dengan orangtua dari teman Bauntung Batuah, selain itu julak alai juga khawatir kalau-kalau akibat aduannya nanti malah berakibat buruk pada anaknya , julak takut teman Bauntung Batuah tidak terima lalu menghajar Bauntung Batuah. Akhirnya julak alai memilih diam, memilih mencari aman sendiri yang penting Bauntung Batuah tidak ikut - ikutan seperti pikiran julak alai kala itu.
Bulan berlalu tahun berganti julak masih mendengar cerita yang sama, julak masih memilih sikap yang sama, diam dan tidak peduli dengan kenakalan anak orang lain asalkan bukan anak sendiri, hingga akhirnya julak mendapat surat panggilan dari sekolah dan ternyata itu adalah penyampaian surat peringatan untuk Bauntung yang tertangkap tangan sedang merokok, pun begitu dengan Batuah yang juga sedang tertangkap tangan kabur dari pondok main game online.
Julak alai lemas ,tubuhnya lunglai .hari ini julak mendapati kenyataan ketika kita hanya diam melihat keburukan, ketika  kita hanya  diam mendengar keburukan maka tunggulah cepat atau lambat keburukan itu akan menghampiri kita. Tidak bisa kita berharap kita aman dan terjaga dari keburukan jika kita lalai dan menutup mata terhadap keburukan disekeliling kita yang kian hari kian merajalela. Julak alai menangis andai kuadukan ke guru lebih awal, mungkin Bauntung Batuah ku tidak akan terpapar. Andai begini andai begitu berjuta andai yang kini sudah tak berguna lagi.

Dalam rangka meningkatkan kwalitas dan kwantitas Web ini, silahkan untuk memberikan Coment, baik Keritik Maupun Saran pada kolom Komentar dibawah ini.Atas nama Manegemen hobbyimul.com kami Haturkan Terimakasih. Jangan lupa Like and Subcribe Channel Kami: https://www.youtube.com/channel/UCWf6mFpnCsJj3Lu8z10_SYQ?view_as=subscriber

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

Featured Post

Tak perlu berdebat silahkan pake cara masing-masing

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes