Filosofi RSTN Listrik 3 Pas


Belakangan saya dapat pengalaman baru ketika terjadi sambaran petir mengenai jaringan listrik di tempat kerja, seketika kejadian itu terjadi, semua NCB tiba-tiba jeglek semua dan otomatis lampu padam semua, "ya padamlah,...karena alirannya terputus". O ya sekedar diketahui untuk kilometer kami itu menggunakan jaringan 3 pas atau istilahnya RSTN.
Sebelumnya saya beranggapan ini hanya hal biasa yang terjadi selama ini, namun ternyata tidak seperti yang dibayangkan, ketika listrik padam beberapa saat kemudian kembali menyala, tahukah apa yang terjadi,..? memang listrik kembali menyala namun ternyata tegangannya sangat tidak stabil(220 w) bahkan kenaikannya melebihi meter stavol yaitu 300 w dan setelah saya cari tau ke tetangga sebelah yang pake peralatan digital ternyata tegangannya melebihi 400 w,...wahhh,..ini tidak biasa kawan. Akibatnya beberapa peralatan saya ada yang KO alias Hangit,..
Mengetahui kondisi ini secepatnya semua NCB dan peralatan yang masih terhubung ke listrik semuanya saya matikan dan pada akhirnya meminta bantuan ke PLN 123 hingga akhirnya mendapat respon cepat dari petugasnya, "acung jempol deh buat petugas PLN" yah akhirnya permasalahan kelistrikkan pun teratasi,.tetapi bukan ini yang ingin saya sampaikan tetapi ada satu hal besar yang dapat kita ambila pelajaran dari sebuah kalimat yang disampaikan petugas PLN ketika saya tanya "Apa penyebab melonjaknya tegangan listrik sebegitu besar?" Jawabnya adalah bahwa "kemungkinan ketika terjadi sambaran petir, maka salah satu dari RSTN ada yang terlepas, sehingga menyebabkan dua jalur lainnya tegangannya menjadi meningkat dan tidak stabil, sedangkan untuk jaringan yang menggunakan 3 pas tersebut seharusnya punya tegangan yang seimbang meskipun tidak sama"
Dari kalimat inilah saya jadi ingat sepertinya ini juga berlaku pada sebuah organisasi kecil apalagi besar, dimana didalamnya juga terdapat unsur yang bisa disebut juga RSTN, R=Rakyat biasa dan sejenisnya, S= Sistem yang mengatur, T= Tempat atau sarana dan prasarana, N= Negara atau lebih kebawah lagi yaitu orang yang mengatur semuanya.
Dari ketiga unsur positif(RST) dalam pengelolaan dan perlakuannya seharusnya menjunjung tinggi keadilan yang merata, atau kata Petugas PLN itu mesti seimbang, maka jika salah satunya tidak menerima yang seharusnya apalagi sekali lagi kata petugas PLN salah satunya terlepas, inilah yang akan terjadi yaitu lonjakan ketegangan yang bisa mengakibatkan kerusakan pada salah satu atau mungkin beberapa tatanan atau kata saya alat yang hangit, yah tahulah kira-kira maksudnya. 
Banyak kejadian dikehidupan kita sehari-hari yang hampir menyerupai kasus ini, sehingga menurut saya, kita bisa ambil pelajaran dari kalimat yang mereka sampaikan, jangan sampai ketidak seimbangan menjadi bencana bagi kita semua. Sekarang pertanyaannya apa peran N dari RSTN dikehidupan nyata? saya rasa semua taulah yang seharusnya menjadi penetralisir semua ketegangan adalah peminpin atau yang lebih besar itu adalah pemerintah, setuju atau tidak memang itu yang seharusnya, masalah tidak sesuai dengan kenyataan itu lah yang disebut MANUSIA,....udah deh ga berani panjang lebar takut melebar, terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat.

Dalam rangka meningkatkan kwalitas dan kwantitas Web ini, silahkan untuk memberikan Coment, baik Keritik Maupun Saran pada kolom Komentar dibawah ini.Atas nama Manegemen hobbyimul.com kami Haturkan Terimakasih. Jangan lupa Like and Subcribe Channel Kami: https://www.youtube.com/channel/UCWf6mFpnCsJj3Lu8z10_SYQ?view_as=subscriber

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Featured Post

Ucapan adalah Do'a

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes