Kamu Pernah Dengar Ucapan adalah Do'a


Ucapan adalah do'a
Kk Akhsay berhenti menyusu pas usianya 2 tahun, kala itu KK akhsay sendiri yang meminta berhenti menyusu karena aku sedang hamil aa Hasan, dan KK Akhsay beucap padaku"ampih nen, ciyan mama gi gaying". Tumpah airmataku seketika itu juga , KK Akhsay yang begitu kecil tapi sudah mengerti keadaan mamanya, sudah punya rasa iba kepada mamanya. Dan KK Akhsay benar-benar berhenti menyusu tanpa drama apapun, tidak ada tangis tangisan , tidak ada dusta dustaan, tidak ada oles olesan di payudara. Padahal mamaku bercerita tentang beratnya perjuangan menyapih kami anak-anaknya, aku dan kakakku usia 3 tahun, sedangkan adikku sibungsu usia 4 tahun hampir 5 tahun baru bisa disapih. Harus begadang , harus sabar menghadapi kami yang rewel, harus berbohong dengan mengoles lipstik di katakan luka, dan olesan-olesan lainnya belum lagi terkadang harus bertengkar dengan Abah yang tidak tega melihat anaknya menangis minta "nen".
Pun begitu dengan AA Hasan, menyapihnya juga sangat mudah ketika usianya 2 tahun aku bicara dengannya
"Ading, ,,, ading sudah besar sudah 2 tahun, ading berhenti "nen" lah"
" Kenapa ma"
"Karena ading sudah besar dan ading anak yang pintar, ading sayang mama jadi ading menurut kata-kata mama"
Hasan terdiam sejenak kemudian berujar
" Iya ma ading mau berhenti"nen" tapi cium "nen" masih boleh kan?"
"Boleh" ujarku
Begitulah proses menyapih AA Hasan sama dengan KK Akhsay tanpa drama apapun hanya saja kalau mau tidur ,dia cium "nen" dulu sebentar .
Berbeda dengan Fatih, entah kenapa ketika usia fatih sudah 2 tahun belum ada keinginanku menyapih Fatih, aku masih ingin terus menyusui Fatih. bukan karena sayangku berbeda antara Fatih dengan KK dan AA nya , sama rasa sayang dan cintaku pada ketiga anakku.
Fatih memiliki karakter yang berbeda dari kedua kakaknya, kakaknya penurut, manut apa kata orangtua, sangat penurut malah. Punya maklum dan pengertian yang sangat tinggi pada orangtuanya bahkan mungkin mereka sering mengalahkan keinginan mereka untuk orang tuanya. Fatih dari bayi sudah terlihat kemandirian dan keberaniannya. Dia berani mengungkapkan perasaan dan keinginannya serta tidak mudah menyerah, selalu ingin tahu dan selalu ingin bisa, tidak mau dibantu sebelum dia mencobanya. Bahkan dulu diusianya yang belum 2 tahun , dia sendiri yang membuat susu kambing untuknya, kami hanya perlu menyiapkan air hangat digelas selebihnya dia sendiri yang akan mengambil susu kambingnya menuangnya kedalam gelas , mengaduknya kemudian menuangnya kedalam dot. Awalnya kai dan nininya tidak tega melihatnya membuat sendiri susunya, lalu memaksa membuat susu untuk Fatih tapi hal itu justru membuat Fatih menangis, dia gigih tidak berhenti menangis sampai diijinkan membuat susu sendiri. Pernah juga suatu hari Fatih ingin mengambil mobil mainan diatas lemari, kakinya sudah berjingkat, tangannya sekuat tenaga berusaha meraih tetapi belum dapat juga, kai yang melihat hal itu kemudian mengambil mobil mainan itu lalu menyerahkannya pada fatih, bukannya senang Fatih malah marah dan menangis dan kai tidak mengerti kemarahan Fatih. Aku mengerti, kuambil mobil mainannya dan kuletakkan kembali keatas lemari, kudatangi Fatih yang masih menangis
"Fatih mobilnya sudah disana lagi, ayoo Fatih ambil" Fatih melihat ke mobil mainan, berhenti menangis, menyapu airmatanya, bangkit kemudian mengambil kursi plastik miliknya , dibawanya ke depan lemari kemudian berdiri disana dan akhirnya tangannya berhasil mengambil mobil mainan, Fatih pun tersenyum dengan gembira. Itulah Fatih gigih dan tidak mudah menyerah kecuali dia benar-benar tidak bisa baru dia akan menarik tangan kita meminta bantuan. Kini kami mengerti bahwa kami harus membiarkan Fatih melakukan sesuatu dan tidak menolongnya kecuali dia memintanya. Biasanya nini tidak mengijinkan Fatih melakukan sesuatu sendiri makanya kalau dengan Nini Fatih sering rewel karena sering berdebat dan bertentangan antara keinginan Nini dan keinginan fatih. Berbeda halnya ketika dengan kai, Fatih anteng dan jarang rewel karena kai melepaskan Fatih , membiarkannya melakukan sesuatu tapi tetap mengawasi. Pernah Nini khilaf menyebut Fatih keras hati langsung kuingatkan dan kujelaskan bahwa Fatih bukan keras hati tapi dia berkarakter, berprinsip, teguh, gigih, pantang menyerah dan memiliki kepercayaan diri bahwa dia bisa dan mampu.
Kalau berjalan Fatih tidak mau dituntun tangannya, kalau KK dan AA selalu kutuntun tangannya kalau jalan. KK AA lengket nempel terus denganku.berbeda dengan Fatih yang gagah berjalan disampingku bahkan terkadang didepanku. Itulah mengapa moment menyusui Fatih adalah moment yang selalu kunantikan karena baru ketika menyusu Fatih terasa dekat denganku, matanya menatapku dengan seksama, tersenyum, tangannya meraba raba wajahku, disentuhnya pipiku, hidungku , telingaku, bahkan sering sekali dia menggigit puti** ku hingga spontan aku menjerit kesakitan, ingin marah tapi tak jadi ketika melihatnya tertawa.
Suatu hari ada temanku yang terkejut mendengar Fatih masih menyusu padahal sudah lebih 2 tahun
" Sebaiknya segera disapih, kan sdh lebih 2 tahun, tidak bagus nanti akibatnya" begitu katanya
"Apa tidak bagusnya"
" Nanti dia nakal, manja, susah diatur
Dan juga pasti akan sangat sulit menyapihnya"
" Aku yang belum ingin menyapih nya bahkan niatnya pun belum ada, KK dan AA dulu mudah saja aku menyapihnya, aku yakin nanti Fatih juga akan mudah disapihnya" jawabku dengan mantap
Dan benar saja ucapanku
3 pekan lalu Fatih rewel badannya terasa hangat, dia mau menyusu terus siang malam ( setiap kali sakit Fatih selalu tidak mau lepas menyusu, meski melelahkan kadang menyakitkan, tapi juga menenangkan hati karena kalau sakit dia tidak mau makan dengan menyusu setidaknya masih ada asupan yang masuk ke tubuhnya) dari yang hanya hangat badannya berubah jadi sangat panas . Tidurnya hanya sebentar lebih banyak menangis, setelah panas kemudian muncul bintik-bintik merah ditelapak tangan dan telapak kakinya. Keesokan harinya bintik merah itu merubah menjadi bentol bentol merah yang kemudian berisi cairan mirip dengan cacar tapi tumbuhnya hanya ditelapan tangan dan telapak kaki, karena tumbuh banyak ditelapak kaki membuat Fatih kesakitan berjalan, sepekan lebih Fatih sakit tapi masih mau makan sedikit bubur dan masih mau menyusu bahkan menangis kalau lepas susu. Ternyata Fatih terkena flu Singapura (penyakit mulut, kaki dan tangan) , yang paling berat adalah ketika bentol bentol merah itu memenuhi mulut Fatih, awalnya mirip sariawan. Dan dimulut ini lah yang paling menyakitkan Fatih tidak bisa makan ,tidak bisa minum bahkan Fatih menolak menyusu. Awalnya sakit tidak mau lepas menyusu sekarang malah tidak mau menyusu. Hari pertama Fatih tidak bisa menyusu aku menangis , aku tidak rela, aku belum ikhlas, air susunya mengalir deras membasahi baju begitupun airmataku. Meski Fatih sudah lebih dari 2 tahun bahkan hampir 3 tahun tapi ASIku masih melimpah bahkan hingga sepekan tidak dihisap fatihpun ASIku tetap mengalir dengan deras. 2 pekan Fatih sakit tubuhnya lemah , kurus tinggal tulang karena tidak bisa makan dan minum dan tidak bisa menyusu , agar dia bertahan kupaksa memasukkan susu kambing kemulutnya dengan pipet obat sirup meski dia menangis sekuat tenaga karena sakit dimulutnya tetap kuupayakan ada extrafood hpai dan susu kambing yang bisa masuk kemulutnya. Aku gusar, aku menangis, aku merasa lemah tak berdaya. Andai dia masih menyusu tentu aku tak segundah itu. Dipekan ke 3, Fatih mulai membaik, bentol-bentol yang berisi cairan mulai mengering dan menghitam. Fatih sudah mulai bisa minum dan sedikit makan bubur. Alhamdulillah Fatih bisa melewati sakitnya. Sayangnya ketika dia sudah mulai sembuh, sariawan dimulutnya mulai berkurang tapi Fatih benar-benar berhenti menyusu, ketika kutawarkan menyusu, kubuka bajuku padanya dia hanya tersenyum, dengan tangannya dia menutup bajuku. Benar ucapanku Fatih akan mudah berhenti menyusu bahkan tanpa disapih. "Ucapan adalah do'a".
Fatih sendiri yang berhenti menyusu tanpa aku suruh tanpa aku minta meskipun karena sakit tapi tetap saja ada hikmahnya.
Tahun depan 2022 Fatih akan berusia 3 tahun, tapi aku masih belum merasa cukup menyusui Fatih. Waktu terasa sangat cepat berlalu



Dalam rangka meningkatkan kwalitas dan kwantitas Web ini, silahkan untuk memberikan Coment, baik Keritik Maupun Saran pada kolom Komentar dibawah ini.Atas nama Manegemen hobbyimul.com kami Haturkan Terimakasih. Jangan lupa Like and Subcribe Channel Kami: https://www.youtube.com/channel/UCWf6mFpnCsJj3Lu8z10_SYQ?view_as=subscriber

Post a Comment

Comen

Hot News

Hot Video

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming

Featured Post

Surat untuk Asatidz anak-anakku

Copyright © HI News. Edit By Pastitala.org Thanks To OddThemes